Sering Tidak Disadari Ternyata Gejala Awal Kanker Testis

 

Testis merupakan aset penting bagi masa depan Anda, tapi tahukah gejala awal kanker testis sering tidak disadari oleh sebagian pria. Simak artikel ini! 

Kanker testis merupakan masalah seksualitas pria yang paling ditakuti karena gejala kanker testis sering tidak disadari. Kanker ini biasanya menyerang salah satu testis. Tapi tidak menutup kemungkinan kedua testis bisa terserang walau hanya 5 persen saja kemungkinannya.

Kabar baiknya, kesembuhan kanker testis ini sangat tinggi jika terdeteksi sejak awal terjadi. Oleh karena itu mengetahui gejala awal masalah seksualitas ini dapat membantu penyembuhan.

Gejala Kanker Testis

Melansir dari berbagai sumber. Berikut ini beberapa tanda awal dari kanker testis yang mungkin saja Anda tidak sadari dan ternyata gejala awal kemunculan kanker testis.

1. Ukuran Testis Berubah

Menurut Timothy, testis yang berubah ukuran, baik mengecil atau membesar, dapat menandakan adanya kanker. Ia melanjutkan bahwa perubahan ukuran testis biasanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, yang bisa jadi karena penurunan testosteron atau meningkatnya estrogen. Ini dapat terjadi pada beberapa jenis kanker testis.

2. Merasakan Tekanan Pada Skrotum Atau Perut

Bahkan jika tidak ada benjolan pada testis, tekanan yang dirasakan di testis atau perut bagian bawah merupakan sinyal bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Menurut Timothy Gilligan, M.D., ahli onkologi kanker testis dari Cleveland Clinic, AS, kepada Mens’ Health, gejala ini merupakan salah satu gejala umum kanker testis. Cara lain untuk mendeskripsikan gejala ini adalah rasa tekanan yang berat di skrotum (kantung buah pelir) atau perut bagian bawah. Ini kemungkinan disebabkan oleh kelebihan cairan atau pembesaran kelenjar getah bening.

Baca juga:

3. Terdapat Pertumbuhan Atau Rasa Sakit Pada Payudara

Beberapa tumor testis memproduksi hormon yang dapat mengakibatkan payudara lembek melunak atau pertumbuhan jaringan payudara yang disebut sebagai ginekomastia. Beberapa tumor dapat mensekresikan hormon humanchorionic gonadotropin (HCG), yang menstimulasi perkembangan payudara. Tumor juga dapat memproduksi estrogen, yang jika terjadi secara bersamaan dengan perubahan pada payudara dapat menurunkan dorongan seksual Anda.

4. Nyeri Punggung Bawah Dan Sesak Napas

Keduanya menandakan gejala kanker testis yang lebih lanjut, yang berarti kanker tak hanya “bersarang” di testis, tapi mungkin juga telah menyebar ke kelenjar getah bening yang terletak di belakang perut. Sesak napas dapat menandakan bahwa kanker telah menyebar ke paru, yang mengakibatkan sulit bagi udara untuk masuk dan keluar.

5. Kaki Bengkak

Kanker testis dapat menyebabkan pembekuan darah. Hal ini terjadi karena tumor dapat menyebar ke kelenjar getah bening, yang dapat menyempitkan aliran darah di pembuluh darah. Pembekuan darah ini umum ditemukan di kaki, yang menyebabkan pembengkakan. Pada beberapa kasus, penderitanya bisa mengalami gejala pembekuan darah akibat trombosis vena dalam (DVT) berupa nyeri dan kesulitan dalam bernapas.

Kanker testis merupakan masalah yang berbahaya bagi pria. Gejala kanker sulit diidentifikasi secara mandiri namun dengan mengetahui gejala awal kanker testis dapat membantu Anda mencegah sebelum semakin parah.

Berpotensi Gagah Kembali dalam 3 Hari Saja!

Jika Anda mengalami penyakit Impotensi atau Ejakulasi Dini segerakan Konsultasi dengan Dokter yang sudah berpengalaman hanya di Klinik Lelaki GRATIS.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hormon Testosteron Rendah? Kenali Tanda-Tandanya

7 Cara Mengatasi Impotensi pada Pria Usia Muda

Biaya Pengobatan Impotensi, Kembalikan Kehidupan Seksual Anda