Sejak Kapan Kondom Mulai Digunakan?

 kondom mulai digunakan

Kondom merupakan alat kontrasepsi yang sering digunakan di Indonesia. Tahukah Anda asal mula kondom dari kandung kemih kambing? Dan sejak kapan kondom mulai digunakan di dunia dan Indonesia? Simak artikel ini! 

Sebagai alat kontrasepsi, kondom juga berperan penting untuk mencegah penularan sejumlah penyakit. Namun begitu di sejumlah negara, kondom masih terstigma negatif, yang tak jarang dilabeli sebagai alat seks bebas atau simbol praktik prostitusi. Padahal lebih luas dari itu, penggunaan kondom sangat efektif mencegah penularan Human Immunodeficiency Virus (HIV) serta Infeksi Menular Seksual (IMS) lainnya.

Baca juga: Benarkah Jaman Dahulu Sudah Ada Seseorang Melakukan Masturbasi?

Selain itu, terkadang kondom tidak disukai, karena tidak enak dipakai. Kondom kurang diminati salah satu faktornya karena dianggap tidak nyaman, ditambah, di Indonesia, membeli kondom masih dianggap sebagai hal tabu.

klinik lelaki

Lebih jauh lagi ke belakang kita kembali ke masa lalu, darimana  sebenarnya asal-usul kondom ini?

Dilansir Sexinfosejak seratus tahun yang lalu kondom telah muncul. Tampilan pertama kondom diketahui ada sekitar 11.000 SM.

Dua gua di Perancis yang dikenal sebagai Grotte des Combarrelles diketahui memiliki relief dinding gua yang menurut para ilmuwan adalah gambar kondom. Para ilmuwan percaya bahwa ini adalah bukti pertama kemunculan kondom.

Sebenarnya kondom bukan hanya untuk laki-laki, tetapi kondom juga ada yang untuk perempuan. Kondom perempuan ini juga bisa digunakan di anus untuk tujuan seks anal, membuat beberapa kalangan menyebutnya sebagai "kondom internal."

Kondom perempuan atau kondom internal pertama kali muncul sekitar 3.000 SM. Benda itu muncul dalam teks-teks seperti Homer's The Iliad.

Menurut teks-teks dari periode itu, kandung kemih kambing dimasukkan ke dalam vagina istri Raja Minos untuk menghalangi air mani jahat Raja Minos masuk. Sementara ‘kandung kemih’ tersebut memang melindunginya dari sperma, tetapi tetap saja ia melahirkan delapan anak. Sehingga saat itu konsep kondom internal ini belum tergambarkan dengan jelas.

Tahun 1400-an kondom Glans adalah kondom pertama yang digunakan oleh orang Cina dan Jepang. Kondom Glans hanya menutupi kepala penis.

Fungsinya sebagai bentuk kontrol kelahiran dan juga digunakan untuk pencegah infeksi. Di Cina, kondom Glans terbuat dari sutera atau bulu domba. Sementara di Jepang kondom ini terbuat dari bahan-bahan seperti kulit kura-kura atau tanduk binatang.

Hingga sekarang Kondom berkembang lebih variatif, dari segi tekstur, ukuran, bentuk, warna, dan bahkan memiliki varian rasa.

Kapan kondom mulai digunakan di Indonesia?

Dilansir dari bulelengkab.go.id, Kondom sendiri mulai masuk ke Indonesia lewat program KB yang dibawa BKKBN, yaitu mulai tahun 1970. Dulu, masyarakat masih merasa risih mengenakan kondom karena dianggap mengganggu kenikmatan berhubungan seksual. Bahkan, orang sering memakai kode-kode tertentu untuk membeli kondom di toko.

"Saya rasa masyarakat mulai mengenal kondom sejak mulai didirikannya BKKBN, sebab itu merupakan salah satu metode pengendalian penduduk yang dipromosikan oleh BKKBN," kata Drs. Sugilar, Kepala Biro Hukum Organisasi dan Hubungan Masyarakat BKKBN saat diwawancarai dalam acara kunjungan ke pabrik kondom di Banjaran, Bandung.

Berpotensi Gagah Kembali dalam 3 Hari Saja!

Jika Anda mengalami penyakit Impotensi atau Ejakulasi Dini segerakan Konsultasi dengan Dokter yang sudah berpengalaman hanya di Klinik Lelaki GRATIS.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hormon Testosteron Rendah? Kenali Tanda-Tandanya

7 Cara Mengatasi Impotensi pada Pria Usia Muda

Biaya Pengobatan Impotensi, Kembalikan Kehidupan Seksual Anda